Antasid, Obat untuk Atasi Maag

Antasid diminum melalui mulut untuk mengatasi mulas, mual atau gangguan pencernaan. Cara kerjanya adalah menetralkan asam perut yang berlebihan. Beberapa Antasid juga mengandung simethicone yang dapat menimbulkan gejala kelebihan gas. Minum Antasid saja atau dikombinasi dengan simethicone dapat digunakan untuk menangani gejala maag.

Beberapa Antasid seperti aluminum karbonat dan aluminum hidroksida dapat diresepkan dengan makanan rendah fosfat untuk menangani hyperphosphatemia (terlalu banyak fosfat dalam tubuh). Aluminum karbonat dan aluminum hidroksida dapat juga digunakan dengan makanan rendah fosfat untuk mencegah batu ginjal. Antasid bisa dibeli walaupun tanpa resep dokter.

Antasid tersedia dalam bentuk: cair, tablet, bubuk suspensi, kapsul, tablet kunyah, suspensi, solusi, bubuk, wafer, tablet effervescent, bubuk effervescent.

Penggunaan:
Untuk pasien yang menggunakan tablet kunyah: kunyahlah tablet sebelum ditelan agar obat dapat bekerja lebih cepat dan efektif.

Untuk mengobati maag:

Gunakan seperti yang disarankan dokter.
Minum satu dan tiga jam setelah makan dan tidur untuk hasil terbaik, atau seperti yang dianjurkan dokter.

Untuk pasien yang mengunakan aluminium karbonat atau aluminium hidroksida untuk mencegah batu ginjal:
Minum banyak air untuk hasil terbaik, atau seperti yang dianjurkan dokter.

Untuk pasien yang mengunakan aluminium karbonat atau aluminium hidroksida untuk hyperphosphatemia (terlalu banyak fosfat dalam darah):
Dokter mungkin pasien menlakukan diet rendah fosfat.

Dosis
Dosis pengobatan berbeda untuk pasien yang berbeda. Ikuti saran dokter atau petunjuk pada label. Informasi berikut hanya meliputi dosis rerata obat.
Jumlah obat yang diambil tergantung pada kuatnya pengobatan dan jumlah dosis yang diambil tiap hari. Waktu yang diperbolehkan antar dosis dan lama pengobatan tergantung pada masalah medis.

Efek samping
Untuk Antasid yang mengandung aluminium:
Nyeri tulang, sembelit, hilang nafsu makan, perubahan mood, otot melemah, pembengkakan pergelangan tangan atau kaki, turun berat badan.

Untuk Antasid yang mengandung kalsium:
Sembelit, sulit kencing atau ketika kencing teras sakit, sering buang air kecil, pusing, hilang nafsu makan, perubahan mood, otot sakit atau kedutan, mual atau muntah, gugup atau gelisah, napas lambat, perasaan tidak enak, kelelahan yang tidak biasa.

Untuk Antasid yang mengandung magnesium:
Sulit kencing atau ketika kencing teras sakit, kepala pusing atau teras ringan, merasa tidak nyaman, detak jantung tak beraturan, hilang nafsu makan, otot melemah, kelelahan yang tak biasa, turun berat badan.

Untuk Antasid yang mengandung sodium bikarbonat:
Sering buang air kecil, pusing, hilang nafsu makan, otot sakit atau kedutan, mual atau muntah, gugup atau gelisah, napas lambat, pembengkakan pergelangan tangan atau kaki, perasaan tidak enak, kelelahan yang tidak biasa.

Sumber: MayoClinic

Categories:
Comments
0 Comments

 

Feedjit

Follow by Email